Lanjut ke konten

PERMENDAGRI NO. 34 TAHUN 2007 TENTANG PEDOMAN ADMINISTRASI KELURAHAN

Oktober 7, 2009

PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI

NOMOR 34 TAHUN 2007

 

TENTANG

 

PEDOMAN ADMINISTRASI KELURAHAN

 

MENTERI DALAM NEGERI,

 

Menimbang    :    bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 24 huruf b Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 tentang Kelurahan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Pedoman Administrasi Kelurahan.

 

Mengingat     :    1.     Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UndangUndang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Perubahan atas UndangUndang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4548);

2.     Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 158, Tambahan Lembaran Republik Indonesia Nomor 4587);

3.     Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 Tahun 2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Dalam Negeri;

 

MEMUTUSKAN:

Menetapkan    :    PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI TENTANG PEDOMAN ADMINISTRASI KELURAHAN

 

BAB I

KETENTUAN UMUM

 

Pasal 1

Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:

1.     Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

2.     Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati, atau Walikota dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah;

3.     Kelurahan adalah wilayah kerja Lurah sebagai perangkat daerah Kabupaten/Kota dalam wilayah kerja kecamatan;

4.     Lembaga Kemasyarakatan atau sebutan lain adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra Lurah dalam memberdayakan masyarakat.

5.     Administrasi Kelurahan adalah keseluruhan kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan-kegiatan kelurahan pada Buku Administrasi Kelurahan.

6.     Administrasi Umum adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan Pemerintahan Kelurahan.

7.     Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penduduk pada Buku Administrasi Penduduk Kelurahan.

8.     Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan Kelurahan pada Buku Administrasi Keuangan Kelurahan.

9.     Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pembangunan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan pada Buku Administrasi Kelurahan.

 

BAB II

JENIS DAN BENTUK ADMINISTRASI KELURAHAN

 

Pasal 2

Jenis Administrasi Kelurahan terdiri dari:

a.     Administrasi Umum;

b.     Administrasi Penduduk;

c.     Administrasi Keuangan;

d.     Administrasi Pembangunan;

e.     Administrasi Lainnya.

 

Pasal 3

(1)     Bentuk Administrasi Umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a terdiri dari:

a.     Buku Data Keputusan Lurah;

b.     Buku Data Inventaris Kelurahan;

c.     Buku Data Aparat Kelurahan;

d.     Buku Data Tanah di Kelurahan;

e.     Buku Data Agenda Masuk dan Keluar;

f.     Buku Ekspedisi.

(2) Bentuk Administrasi Penduduk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b terdiri dari:

a.     Buku Data Induk Penduduk Kelurahan;

b.     Buku Data Mutasi Penduduk Kelurahan;

c.     Buku Data Rekapitulasi Jumlah Penduduk Akhir Bulan;

d.     Buku Data Penduduk Sementara.

 

(3)     Bentuk Administrasi Keuangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf c terdiri dari:

a.     Buku Kas Umum;

b.     Buku Kas Pembantu Perincian Objek Penerimaan;

c.     Buku Kas Pembantu Perincian Objek Pegeluaran;

d.     Buku Kas Harian Pembantu;

e.     Buku lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

(4)     Bentuk Administrasi Pembangunan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf d terdiri dari :

a.     Buku Rencana Pembangunan;

b.     Buku Kegiatan Pembangunan;

c.     Buku Inventaris Proyek;

d.     Buku Kader-kader Pembangunan.

 

(5)     Bentuk Administrasi lainnya sebagaimana dimaksud Pasal 2 huruf e terdiri dari :

a.     Buku Data Pengurus dan Anggota Lembaga Kemasyarakatan;

b.     Buku Register;

c.     Buku Monografi Kelurahan.

 

 

Pasal 4

 

Jenis dan bentuk administrasi Kelurahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dan 3 dapat ditambah sesuai kebutuhan dan ditetapkan dengan Peraturan Bupati/Walikota.

 

Pasal 5

Model dan tatacara pengisian Buku Administrasi Kelurahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dan Pasal 3 tercantum dalam lampiran Peraturan ini.

 

BAB III

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN

 

Pasal 6

(1)    Pemerintah Kabupaten/Kota dan Camat wajib membina dan mengawasi Pelaksanaan Administrasi Kelurahan;

(2)     Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :

a.    menetapkan pengaturan yang berkaitan dengan Administrasi Kelurahan;

b.     memberikan pedoman teknis Pelaksanaan Administrasi Kelurahan;

c.    melakukan evaluasi dan pengawasan Pelaksanaan Administrasi Kelurahan;

d.     memberikan bimbingan teknis berupa pelatihan, supervisi dan konsultasi Pelaksanaan Administrasi Kelurahan; dan

e.     menyediakan buku Administrasi Kelurahan.

(3)    Pembinaan dan Pengawasan Camat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

a.     memfasilitasi Administrasi Kelurahan;

b.     melakukan pengawasan Administrasi Kelurahan; dan

c.     memberikan bimbingan, supervisi dan konsultasi Pelaksanaan Administrasi Kelurahan.

 

 

BAB IV

KETENTUAN PERALIHAN

 

 

Pasa I 7

Pada saat mulai berlakunya Peraturan Menteri Dalam Negeri ini, semua Peraturan Pelaksanaan Administrasi Kelurahan tetap berlaku, sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan ini.

 

 

BAB V

KETENTUAN PENUTUP

 

 

Pasal 8

Hal-hal yang belum diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri ini sepanjang mengenai teknis pelaksanaannya, diatur lebih lanjut dalam Peraturan Bupati/Walikota.

 

 

Pasal 9

 

Peraturan Menteri Dalam Negeri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal 24 Juli 2007

 

MENTERI DALAM NEGERI a.i.,

 

ttd

WIDODO AS.

 

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI

NOMOR    : 34 TAHUN. 2007

TANGGAL    : 24 Juli 2007

 

 

MODEL DAN TATA CARA PENGISIAN BUKU ADMINISTRASI KELURAHAN

 

A.     MODEL BUKU ADMINISTRASI KELURAHAN

1.     Buku Administrasi Umum

a.    Model A.1    :    Buku Data Keputusan Kelurahan

b.    Model A.2    :    Buku Data Inventaris Kelurahan

c.    Model A.3    :    Buku Data Aparat Kelurahan

d.    Model AA    :    Buku Data Tanah di Kelurahan

e.    Model A.S    :    Buku Agenda Masuk dan Keluar

f.    Model A.6    :    Buku Ekspedisi

2.     Buku Administrasi Penduduk

Tata Cara pengisian Buku Data Penduduk sebagaimana tersebut pada angka 2 diatur tersendiri.

3.     Buku Administrasi Keuangan adalah menurut model C yaitu:

a.    Model C.1    :    Buku Kas Umum

b.     Model C.2a     :    Buku Kas Pembantu Perincian Obyek Penerimaan

c.     Model C.2b     :    Buku Kas Pembantu Perincian Obyek Pengeluaran

d.    Model C.2c     :    Buku Kas Harian Pembantu

e.     Model C3        :    (Buku lainnya) disesuaikan dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku.

4.     Buku Administrasi Pembangunan adalah menurut Model D meliputi 4 model yaitu:

a.    Model D.1    :    Buku Rencana Pembangunan

b.    Model D.2     :    Buku Kegiatan Pembangunan Buku

c.     Model D.3     :    Inventaris Proyek

d.     Model D.4    :    Buku Kader-Kader Pembangunan

5.     Buku Administrasi Lainnya

a.    Model E.1    :    Buku Data Pengurus dan Anggota Kemasyarakatan

b.    Model E.2    :    Buku Register

c.    Model E.3    :    Buku Monografi Kelurahan

 

B.     TATA CARA PENGISIAN BUKU ADMINISTRASI KELURAHAN

1.     ADMINISTRASI UMUM

  1. Buku Data Keputusan Lurah (Model A.1)

    Kolom 1     :    Diisi dengan nomor secara berurut sesuai dengan banyaknya Keputusan Kepala Kelurahan

    Kolom 2     :    Diisi dengan nomor dan tanggal, bulan, tahun dari Keputusan Kepala Kelurahan

    Kolom 3     :    Diisi dengan judul/penamaan Keputusan Kepala Kelurahan

    Kolom 4     :    Diisi dengan uraian singka tapi jelas dari Keputusan Kepala Kelurahan yang telah ditetapkan

    Kolom 5     :    Diisi dengan nomor dan tanggal, bulan dan tahun dilaporkan kepada Bupati

    Kolom 6     :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan.

    b.     Buku Data Inventaris Kelurahan (Model A.2)

    Kolom 1     :    Diisi dengan nomor secara beurut sesuai dengan jenis kekayaan dan iventaris milik Pemerintah Kelurahan

    Kolom 2    :    Diisi nama barang/bangunan yang merupakan kekayaan dan inventaris desa

    Kolom 3    :    Diisi dengan jumlah barang/bangunan yang dibeli atau dibiayai sendiri oleh desa

    Kolom 4     :    Diisi dengan jumlah barang/bangunan yang diperoleh dari bantuan Pemerintah

    Kolom 5     :    Diisi dengan jumlah barang/bangunan yang diperoleh dari sumbangan

    Kolom 6     :    Diisi dengan jumlah barang/bangunan bedasarkan keadaan pada awal tahun dalam keadaan baik

    Kolom 7     :    Diisi dengan jumlah barang / bangunan bedasarkan keadaan pada awal dalam keadaan rusak

    Kolom 8     :    Diisi dengan jumlah barang / bangunan yang dihapus karena rusak

    Kolom 9     :    Diisi dengan jumlah barang / bangunan yang dihapus karena dijual

    Kolom 10    :    Diisi dengan jumlah barang/bangunan yang dihapus karena disumbangkan

    Kolom 11     :    Diisi dengan tanggal, bulan, dan tahun penghapusan

    Kolom 12     :    Diisi dengan jumlah barang / bangunan bedasarkan keadaan pada akhir tahun dalam keadaan baik

    Kolom 13     :    Diisi dengan jumlah barang/bangunan bedasarkan keadaan pada akhir tahun dalam keadaan rusak

    Kolom 14     :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan

    c.     Buku Data Aparat Pemerintah Kelurahan (Model A.3)

    Kolom 1     :    Diisi dengan nomor secara berurut sesuai dengan jabatan yang ada pada organisasi Pemerintah Kelurahan.

    Kolom 2    :    Diisi dengan nama lengkap

    Kolom 3     :    Diisi dengan Nomor Induk Aparat Pemerintah Kelurahan

    Kolom 4     :    Diisi dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi aparat berasal dari Pegawai Negeri Sipil dan Nomor Register Pokok (NRP) bagi yang berasal dari TNI/POLRI.

    Kolom 5     :    Diisi dengan jenis kelamin, L bagi laki-laki dan P bagi Perempuan

    Kolom 6     :    Diisi dengan tempat lahir

    Kolom 7     :    Diisi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran

    Kolom 8     :    Diisi dengan agama yang dianut

    Kolom 9     :    Diisi dengan pangkat / golongan yang dimiliki bagi Pegawai Negeri Sipil

    Kolom    10    :    Diisi dengan nama jabatan masing-masing Aparat Pemerintah Kelurahan yang bersangkutan

    Kolom 11     :    Diisi dengan pendidikan formal terakhir

    Kolom 12     :    Diisi dengan tanggal, bulan dan tahun keputusan pengangkatan

    Kolom 13     :    Diisi dengan nomor keputusan pengangkatan

    Kolom 14     :    Diisi dengan tanggal, bulan dan tahun keputusan pemberhentian

    Kolom 15     :    Diisi dengan nomor keputusan pemberhentian

    Kolom 16     :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan

    d.     Buku Data Tanah di Kelurahan (Model AA)

    Kolom 1     :    Diisi dengan nomor secara berurut sesuai dengan jumlah obyek yang akan didata

    Kolom 2     :    Diisi dengan nama pemilik/pemegang hak atas tanah (Perorangan)

    Kolom 3     :    Diisi dengan nama pemilik/pemegang hak atas tanah (Badan Hukum)

    Kolom 4     :    Diisi dengan luas tanah dalam meter persegi (m2).

    Kolom 5     :    Diisi dengan status sebagai hak milik

    Kolom 6     :    Diisi dengan status sebagai hak guna bangunan

    Kolom 7     :    Diisi dengan status sebagai hak pakai

    Kolom 8     :    Diisi dengan status sebagai hak guna usaha

    Kolom 9    :    Diisi dengan status sebagai hak pengelolaan

    Kolom 10     :    Diisi dengan status sebagai Hak Milik Adat

    Kolom 11    :    Diisi dengan status sebagai Hak Verponding Indonesia (milik pribumi)

    Kolom 12     :    Diisi dengan status sebagai Tanah Negara

    Kolom 13     :    Diisi yang sudah berstatus sertifikat

    Kolom 14     :    Diisi yang belum bersertifikat

    Kolom 15     :    Diisi penggunaan tanah untuk perumahan

    Kolom 16     :    Diisi penggunaan tanah untuk perdagangan

    Kolom 17     :    Diisi penggunaan tanah untuk perkantoran

    Kolom 18     :    Diisi penggunaan tanah untuk industri

    Kolom 19     :    Diisi penggunaan tanah untuk fasilitas umum

    Kolom 20     :    Diisi penggunaan tanah sesuai dengan penggunaannya

    Kolom 21     :    Diisi keterangan tentang tanah

    e.     Buku Data Agenda Masuk dan Keluar (Model A.5)

    Kolom 1     :    Diisi dengan nomor secara berurut sesuai dengan urutan surat yang masuk

    Kolom 2     :    Diisi dengan tanggal diterimanya surat

    Kolom 3     :    Diisi dengan nomor surat masuk

    Kolom 4     :    Diisi dengan tanggal, bulan dan tahun surat masuk

    Kolom 5     :    Diisi dengan nama instansi pengirim surat masuk

    Kolom 6     :    Diisi dengan perihal surat masuk

    Kolom 7     :    Diisi dengan perihal surat keluar

    Kolom 8     :    Diisi dengan tanggal, bulan dan tahun surat keluar

    Kolom 9    :    Diisi dengan nama instansi yang dituju dari surat keluar

    Kolom 10     :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan

  2. Buku Ekspedisi (Model A.6)

    Kolom 1    :    Diisi dengan nomor secara berurut sesuai dengan surat yang dikirim

    Kolom 2    :    Diisi dengan tanggal surat dikirim

    Kolom 3     :    Diisi dengan tanggal dan nomor surat dikirim

    Kolom 4     :    Diisi dengan perihal surat dikirim

    Kolom 5     :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan

 

2.     ADMINISTRASI PENDUDUK

Tata Cara pengisian Buku Administrasi Penduduk diatur tersendiri.

 

3.     ADMINISTRASI KEUANGAN KELURAHAN

Anggaran keuangan kelurahan yang tertuang dalam bagian penerimaan dan pengeluaran keuangan kelurahan harus dicatat dalam Buku Administrasi Keuangan Kelurahan dan setiap pengeluaran keuangan kelurahan harus mendapatkan persetujuan dari Kepala Kelurahan sesuai bukti pengeluaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

Buku pengelolaan keuangan kelurahan terdiri dari:

1.     Buku Kas Umum (Model C.1);

2.     Buku Kas Pembantu (Model C.2);

3.     Buku lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

1)     Buku Kas Umum (Model C.1)

Setiap pencatatan data yang berhubungan dengan keuangan kelurahan baik penerimaan maupun pengeluaran yang dapat dipertanggung jawabkan dicatat dalam buku kas umum dibuat dalam bentuk sebelah menyebelah antara penerimaan dan pengeluaran.

Buku Kas Umum ini terdiri dari 6 (enam) kolom, dengan cara pengisian sebagai berikut:

Kolom 1    :    Diisi dengan nomor urut penerima kas atau pengeluaran kas.

Kolom 2    :    Diisi dengan tanggal penerimaan kas atau pengeluaran kas.

Kolom 3     :    Diisi dengan kode rekening penerimaan kas atau pengeluaran kas

Kolom 4     :    Diisi dengan uraian penerimaan kas atau pengeluaran kas.

Kolom 5     :    Diisi dengan jumlah rupiah penerimaan kas.

Kolom 6     :    Diisi dengan jumlah rupiah pengeluaran kas.

2)     Buku Kas Pembantu Perincian Obyek Penerimaan (Model C.2a)

Buku Kas Umum ini terdiri dari 5 (lima) kolom, dengan cara pengisian sebagai berikut:

Kolom 1    :    Diisi dengan nomor urut.

Kolom 2    :    Diisi dengan nomor BKU penerimaan.

Kolom 3    :    Diisi dengan Tanggal Penyetoran Surat Tanda Setor (STS) dan Bukti Penerimaan lainnya.

Kolom 4    :    Diisi dengan Nomor Surat Tanda Setor (STS) dan Bukti Penerimaan lainnya.

Kolom 5    :    Diisi dengan jumlah rupiah Setoran Surat Tanda Setor (STS) dan Bukti Penerimaan lainnya.

3)    Buku Kas Pembantu Perincian Obyek Pengeluaran (Model C.2b)

Buku Kas Umum ini terdiri dari 5 (lima) kolom, dengan cara pengisian sebagai berikut:

Kolom 1    :    Diisi dengan nomor urut.

Kolom 2    :    Diisi dengan nomor BKU pengeluaran.

Kolom 3    :    Diisi dengan Tanggal Pengeluaran SPP/Bukti Pengeluaran lainnya.

Kolom 4    :    Diisi dengan Nomor SPP/Bukti Pengeluaran lainnya.

Kolom 5    :    Diisi dengan jumlah rupiah Pengeluaran SPP/Bukti Pengeluaran lainnya.

4)     Buku Kas Harian Pembantu (Model C.2c)

Buku Kas Umum ini terdiri dari 6 (enam) kolom, dengan cara pengisian sebagai berikut:

Kolom 1    :    Diisi dengan nomor urut penerima atau pengeluaran kas pengeluaran.

Kolom 2    :    Diisi tanggal penerimaan kas atau pengeluaran kas pengeluaran.

Kolom 3    :    Diisi tanggal uraian penerimaan kas atau pengeluaran kas.

Kolom 4    :    Diisi jumlah rupiah penerimaan kas.

Kolom 5    :    Diisi jumlah rupiah pengeluaran kas.

Kolom 6    :    Diisi saldo buku kas bendahara.

 

4.     ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

a.     Buku Rencana Pembangunan (Model D.1)

Kolom 1     :    Diisi dengan nomor urut nama kegiatan/proyek yang akan dilaksanakan.

Kolom 2    :    Diisi dengan uraian nama Proyek/Kegiatan yang direncanakan akan dibangun di Kelurahan.

Kolom 3     :    Diisi dengan lokasi Proyek/Kegiatan yang dibangun.

Kolom 4    :    Diisi dengan sumber biaya Pemerintah yang diperoleh untuk mendukung kegiatan/proyek dimaksud.

Kolom 5     :    Diisi dengan sumber biaya yang diperoleh dari swadaya masyarakat dan lembaga untuk mendukung kegiatan/proyek dimaksud.

Kolom 6     :    Diisi dengan besarnya jumlah keselurahan biaya yang mendukung untuk kegiatan dimaksud baik dari sumber Pemerintah maupun swadaya.

Kolom 7    :    Diisi dengan pelaksana kegiatan/proyek dimasud.

Kolom 8     :    Diisi dengan manfaat dari proyek/kegiatan yang akan dibangun.

Kolom 9     :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan

 

b.     Buku Kegiatan Pembangunan (Model D.2)

Kolom 1     :    Diisi dengan nomor urut nama kegiatan/proyek yang akan dilaksanakan.

Kolom 2    :    Diisi dengan uraian nama Proyek/Kegiatan yang direncanakan akan dibangun di Kelurahan .

Kolom 3    :    Diisi dengan besaran proyek/Kegiatan yang dibangun.

Kolom 4    :    Diisi dengan sumber biaya Pemerintah yang diperoleh untuk mendukung kegiatan/proyek dimaksud.

Kolom 5    :    Diisi dengan sumber biaya yang diperoleh dari swadaya misal: masyarakat, lembaga untuk mendukung kegiatan/proyek dimaksud.

Kolom 6    :    Diisi dengan besarnya jumlah keselurahan biaya yang mendukung untuk kegiatan dimaksud baik dari sumber Pemerintah maupun swadaya.

Kolom 7    :    Diisi dengan kapan dan berapa lama kegiatan/proyek tersebut akan dilaksnakan.

Kolom 8    :    Diisi dengan sifat proyek, apakah proyek/kegiatan yang akan dibangun merupakan proyek baru.

Kolom 9    :    Diisi dengan Sifat Proyek, apakah proyek/kegiatan yang akan dibangun merupakan proyek lanjutan.

Kolom 10    :    Diisi dengan Pelaksana kegiatan/proyek.

Kolom 11    :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan.

c.     Buku Inventaris Proyek (Model D.3)

Kolom 1     :    Diisi dengan nomor urut nama kegiatan/proyek yang akan dilaksanakan.

Kolom 2     :    Diisi dengan uraian nama Proyek/Kegiatan yang direncanakan akan dibangun di Kelurahan

Kolom 3     :    Diisi dengan besaran Proyek/Kegiatan yang dibangun.

Kolom 4     :    Diisi dengan dukungan biaya untuk proyek/kegiatan dimaksud.

Kolom 5     :    Diisi dengan lokasi proyek/kegiatan yang akan dibangun.

Kolom 6     :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan

d.     Buku Kader-kader Pembangunan (Model D.4)

Kolom 1     :    Diisi dengan nomor urut nama kegiatan/proyek yang akan dilaksanakan.

Kolom 2     :    Diisi dengan nama kader pembangunan yang ada di Kelurahan .

Kolom 3     :    Diisi dengan umur kader tersebut

Kolom 4     :    Diisi dengan Jenis kelamin, L untuk Laki-Laki dan uuntuk Perempuan

Kolom 5     :    Pendidikan, diisi apa pendidikan yang telah diperoleh oleh kader

Kolom 6     :    Diisi dengan Bidang yang ditekuni

Kolom 7     :    Diisi dengan tempat tinggal

Kolom 8    :    Diisi dengan penjelasan atau catatan lain apabila diperlukan

 

5.     BUKU ADMINISTRASI LAINNYA (MODEL. E)

Buku ini terdiri dari buku Profil Kelurahan/ Buku Monografi Kelurahan dan Buku Data Pengurus dan Anggota Kemasyarakatan, jumlah dan jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Kelurahan. Tata cara pengisian Buku Adminsitrasi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

 

 

 

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal 24 Juli 2007

 

MENTERI DALAM NEGERI a.i.,

ttd

WIDODO AS.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL A.1.

 

DATA KEPUTUSAN KELURAHAN …………………………

TAHUN ….

 

NO. 

Tanggal dan Nomor Keputusan 

Tentang 

Uraian Singkat 

Dilaporkan 

Keterangan 

Tanggal 

Nomor 

Tanggal 

Nomor 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

 

 

 

 

 

 

 


 

             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL A.2.

 

DATA INVENTARIS KELURAHAN …………………………………

TAHUN ….

 

No. Urut 

Jenis Barang Bangunan 

Asal Barang 

Keadaan Barang Awal tahun 

Tanggal Penghapusan 

Keadaan Barang Akhir Tahun 

Ket. 

Dibeli Sendiri 

Bantuan Pemerintah 

Sum-bangan 

Baik  

Rusak 

Rusak 

Dijual 

Disum-bangkan 

Tgl Pengha-pusan 

Baik 

Rusak 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

10 

11 

12 

13 

14 

                           

 

 

 

 

MODEL A.3.

 

BUKU DATA APARAT KELURAHAN …………………………………

No. Urut 

Nama Lengkap 

NIAP 

NIP 

Jenis Kelamin 

Tempat & Tgl Lahir 

Agama 

Pangkat Golongan 

Jabatan 

Pen-didikan Terakhir 

Keputusan Pengangkatan 

Keputusan  

Ket

Tempat 

Tgl 

Tgl 

Nomor 

Tgl 

Nomor  

1 

                   

5 

   

6 

7 

                               

TAHUN ….

 

 

 

 

 

MODEL A.4.

 

DATA TANAH KELURAHAN …………………………………

TAHUN ….

 

No. Urut 

Nama 

Luas 

Status Tanah 

Bersertifikat 

Penggunaan Tanah 

Per-orangan 

Badan Hukum 

H

M 

H

G

B 

H

P

H

G

U 

H

P

L 

M

A 

V

P 

T

N 

Sudah 

Belum 

Peru-mahan 

Perda-gangan 

Perkantoran 

Industro 

Fasilitas Umum 

Lain-Lain 

Ket. 

                                         
                                         
                                         

 

 

 

 

 

MODEL A.5.a.

 

BUKU AGENDA SURAT MASUK

TAHUN ….

 

NO. 

Nama Instansi yang mengirim/ asal surat

Nomor Surat dan Tanggal 

Perihal 

Penanggung jawab Pengelola 

Keterangan 

Nomor 

Tanggal 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

 

 

 

 

 

 

 


 

           

 

 

 

 

MODEL A.5.b.

 

BUKU AGENDA SURAT KELUAR

TAHUN ….

 

No. 

Nama Instansi yang dituju 

Nomor Surat dan Tanggal 

Perihal

Penanggung jawab Pengelola 

Tanggal Pengiriman 

Keterangan 

Nomor 

Tanggal 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

 

 

 

 

 

 

 


 

             

 

 

 

 

MODEL A.6.

 

BUKU EKSPEDISI

TAHUN ….

 

NoMOR URUT 

TANGGAL PENGIRIMAN 

TANGGAL DAN NOMOR SURAT 

ISI SINGKAT SURAT YANG DIKIRIM 

KETERANGAN 

1 

5 

 

6 

7 

 

 

 

 

 

 

 


 

       

 

 

 

 

MODEL B.1.

 

DATA INDUK PENDUDUK KELURAHAN …….

TAHUN ….

 

No. 

Nama

Lengkap/

Panggilan 

Jenis

Kelamin 

Status

Perkawinan 

Tempat & Tgl Lahir 

Agama 

Pendidi-kan Terakhir 

Peker-jaan 

Dapat

Menbaca

Huruf 

Kewarga-negaraan 

Alamat

Lengkap 

Keudukan

Dlm Kelu-

arga 

No.

KTP 

No.

KSK 

Ket. 

Tempat

Lahir 

Tgl 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

10 

11 

12 

13 

14 

15 

16 

 

 

 

 

 


 

                             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL B.2.

 

DATA MUTASI PENDUDUK KELURAHAN BULAN …….

TAHUN ….

 

 

No. 

Nama

Lengkap/

Panggilan 

Tempat & Tanggal 

Jenis

Kelamin 

Kewarga-negaraan 

Penambahan 

Pengeluaran 

Ket. 

Tempat 

Tgl 

Datang

Dari 

Tgl 

Lahir 

Tgl 

Pindah Ke 

Tgl 

Mati 

Tgl 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

10 

11 

12 

13 

14 

15 

 

 

 

 


 

                           

 

 

MODEL B.3.

 

DATA REKAPITULASI JUMLAH PENDUDUK AKHIR BULAN …….

TAHUN ….

 

No.

Jumlah

Dusun/ ling-kungan 

JML PENDUDUK AWAL BLN

 

TAMBAHAN BULAN INI

 

PENGURANGAN BULAN INI

 

JUMLAH PENDUDUK AKHIR BULAN

 

Jml

KK 

WNA

 

WNI 

Jml

Anggota

Keluarga 

Jml

Jiwa

(3+8) 

LAHIR 

DATANG

MATI

 

PINDAH

 

L 

P 

L 

P 

WNA

 

WNI 

WNA

WNI

 

WNA

WNI

 

WNA 

WNI 

WNA 

WNI 

Jml

KK 

Jml

Anggota

Klg 

Jml

Jiwa

(30+31) 

Ket 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

L 

P 

       

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

10 

11 

12 

13 

14 

15 

16 

17 

18 

19 

20 

21 

22 

23 

24 

25 

26 

27 

28 

29 

30 

31 

32 

33 

   

 

 

 


 

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL B.4.

 

BUKU DATA PENDUDUK SEMENTARA

TAHUN ….

 

No. 

Nama Lengkap 

Jenis

Kelamin

 

Nomor Identitas/

tanda Pengenal 

Tempat dan

tgl lahir/

umur 

Peker-jaan 

Kewarganega-raan 

Datang dari 

Maksud keda-tangan 

Nama dan alamat

Yg dida-tangi 

Datang tanggal 

Pergi tanggal 

Ket 

LK 

PR 

Kebangsaan 

Ketu-runan 

           

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

10 

11 

12 

13 

14 

15 

 

 


 

                           

 

 

 

MODEL C.1

 

BUKU KAS UMUM

KELURAHAN ………………… KECAMATAN …………………….

TAHUN ANGGARAN …………..

 

No. 

Tanggal 

Kode Rekening 

Uraian 

Penerimaan

(Rp.) 

Pengeluaran

(Rp.) 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

 

 

 

 


 

                 
     

J U M L A H 

   

 

Jumlah bulan ini    Rp.        Rp.        

Jumlah s/d bulan lalu    Rp.        Rp.

Jumlah s/d bulan ini    Rp.        Rp. .

    Rp.

Sisa Kas

 

Pada hari ini tanggal ………………… 200. …..

Oleh kami didapat dalam kas Rp. ……

(…………………………………………………… dengan huruf)

Terdiri dari :

Tunai    Rp. ………..

Saldo Bank    Rp. ……….

Surat Berharga    Rp. ………..

        ……………, Tanggal …………..

Mengetahui         Bendahara,

Lurah,

 

………………………….    ………………………………….

 

MODEL C.2a

 

BUKU KAS PEMBANTU

PERINCIAN OBYEK PENERIMAAN

KELURAHAN ………………… KECAMATAN …………………….

TAHUN ANGGARAN …………..

 

No.

Urut 

Nomor BKU

Penerimaan 

Tanggal Setor 

Nomor STS

Dan Bukti Penerimaan Lainnya 

Jumlah

(Rp.) 

1 

2 

3 

4 

5 

 

 

 

 


 

       

Jumlah Bulan ini

Jumlah s/d Bulan ini

Jumlah s/d Bulan ini

Rp.

Rp.

Rp.

 

……………………, Tanggal …………………

 

 

Mengetahui                    Bendahara,

    Lurah,

 

 

………………………………………………    …………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL C.2b

 

BUKU KAS PEMBANTU

PERINCIAN OBYEK PENGELUARAN

Kelurahan ………………… Kecamatan …………………….

TAHUN ANGGARAN …………..

 

No.

Urut 

Nomor BKU

Pengeluaran 

Tanggal Pengeluaran 

Nomor STS

Dan Bukti Pengeluaran Lainnya 

Jumlah

(Rp.) 

1 

2 

3 

4 

5 

 

 

 

 


 

       

Jumlah Bulan ini

Jumlah s/d Bulan ini

Jumlah s/d Bulan ini

Rp.

Rp.

Rp.

 

……………………, Tanggal …………………

 

 

Mengetahui                    Bendahara,

    Lurah,

 

 

………………………………………………    …………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL C.2c

 

BUKU KAS HARIAN PEMBANTU

PERINCIAN OBYEK PENGELUARAN

Kelurahan ………………… Kecamatan …………………….

TAHUN ANGGARAN …………..

 

No.

Urut 

Tanggal 

Uraian 

Pengeluaran Lainnya 

Saldo

(Rp.) 

1 

2 

3 

4 

5 

 

 

 

 


 

       

Jumlah Bulan ini

Jumlah s/d Bulan ini

Jumlah s/d Bulan ini

Rp.

Rp.

Rp.

 

……………………, Tanggal …………………

 

 

Mengetahui                    Bendahara,

    Lurah,

 

 

………………………………………………    …………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL D.1

 

BUKU RENCANA PEMBANGUNAN

TAHUN …………….

 

No.

NAMA PROYEK/ KEGIATAN

LOKASI 

SUMBER BIAYA 

PELAKSANA 

MANFAAT 

KET. 

PEMERINTAH 

SWADAYA 

JUMLAH 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

                 

 

 

 

 


 

               

 

 

 

 

MODEL D.2

 

BUKU KEGIATAN PEMBANGUNAN

TAHUN ……

 

No. 

NAMA PROYEK/ KEGIATAN 

VOLUME 

SUMBER BIAYA 

WAKTU 

SIFAT PROYEK

PELAKSANA 

KET. 

PEME-RINTAH 

SWADAYA 

JUMLAH 

BARU 

LANJUTAN 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

10 

11 

                     

 

 

 

 


 

                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MODEL D.3

 

BUKU INVENTARISASI PROYEK

 

No.

JENIS/NAMA PROYEK 

VOLUME 

BIAYA 

LOKASI 

KETERANGAN 

1 

2 

3 

7 

8 

9 

           

 

 

 

 


 

         

 

 

 

 

MODEL D.4

 

BUKU KADER-KADER PEMBANGUNAN

 

No. 

NAMA 

UMUR 

JENIS KELAMIN 

PEKERJAAN

POKOK/ASAL 

PENDIDIKAN/

KURSUS 

BIDANG 

ALAMAT 

KET. 

1 

2 

3 

4 

5 

6 

7 

8 

9 

   

 

 

 

 

 

 

 

 


 

           

 

 


 

About these ads
Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: