Skip to content

PERMENDAGRI NO. 4 TAHUN 2007 TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN KEKAYAAN DESA

Juni 23, 2009

MENTERI DALAM NEGERI

REPUBLIK INDONESIA

 

PERTURAN MENTERI DALAM NEGERI

NOMOR 4 TAHUN 2007

 

TENTANG

PEDOMAN PENGELOLAAN KEKAYAAN DESA

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

 

MENTERI DALAM NEGERI,

 

Menimbang    :    bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 69 dan Pasal 106 Peraturan Pemerintah 72 Tahun 2005 tentang Desa perlu menetapkan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri tentang Pedoman Pengelolaan Kekayaan Desa:

 

Mengingat    :    1.    Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubaha dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4493);

        2.    Peraturan Pemerintah Nomor 72 Ttahun 2005 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4587);

        3.    Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 Tahun 2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Dalam Negeri;

 

MEMUTUSKAN :

Menetapkan    :    PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN KEKAYAAN DESA.

 

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan :

  1. Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati, atau Walikota dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah.
  2. Pemerintah Daerah adalah Penyelenggara urusan Pemerintah oleh Pemerintah daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugs pembantuan dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Kecamatan adalah wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah kabupaten dan daerah kota.
  4. Desa atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus

5. Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

6.    Pemerintah Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.

7. Badan Permusyawaratan Desa. atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disingkat BPD adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.

8.    Pengelolaan adalah rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penghapusan, pemindah-tanganan, penatausahaan, penilaian, pembinaan, pengawasan dan pengendalian.

9.    Kekayaan Desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli Desa, dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau perolehan hak lainnya yang sah.

10. Tanah Desa adalah barang milik desa berupa tanah bengkok, kuburan, dan titisara.

11.Swadaya masyarakat adalah kemampuan dari suatu kelompok masyarakat dengan kesadaran dan inisiatif sendiri mengadakan ikhtiar kearah pemenuhan kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang yang dirasakan dalam kelompok masyarakat itu.

12.Gotong Royong adalah bentuk kerjasama yang spontan dan sudah melembaga serta mengandung unsur-unsur timbal balik yang bersifat sukarela antara warga Desa dan atau antara warga Desa dengan Pemerintah Desa untuk memenuhi kebutuhan yang insidentil maupun berkelangsungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bersama baik materil maupun spiritual.

13.    Penyertaan Modal Pemerintah Desa adalah pengalihan kekayaan yang tidak dipisahkan menjadi kekayaan yang dipisahkan untuk diperhitungkan sebagai modal atau saham Desa pada Badan Usaha Milik Desa, badan Usaha Milik Daerah, atau Badan Hukum lainnya yang dimiliki oleh Desa atau Daerah.

14. Inventarisasi adalah kegiatan untuk melakukan pendataan, pencatatan dan pelaporan hasil pendataan kekayaan milik Desa.

15.    Perencanaan kebutuhan adalah kegiatan merumuskan rincian kebutuhan Kekayaan Desa untuk menghubungkan pengadaan barang yang telah ada dengan keadaan yang sedang berjalan sebagai dasar melakukan tindakan yang akan datang.

16.    Pemanfaatan adalah pendayagunaan Kekayaan Desa yang tidak dipergunakan dalam bentuk sewa, pinjam pakai, kerjasama pemanfaatan, dan bangun serah guna/bangun guna serah dengan tidak mengubah status Kekayaan Desa.        

17.Sewa adalah pemanfaatan Kekayaan Desa oleh pihak lain dalam jangka waktu tertentu untuk menerima imbalan uang tunai.

18. Pinjam pakai adalah penyerahan penggunaan Kekayaan Desa antar Pemerintah Desa dalam jangka waktu tertentu tanpa menerima imbalan dan setelah jangka waktu tersebut berakhir harus diserahkan kembali kepada Pemerintah Desa yang bersangkutan.

19. Kerjasama pemanfaatan adalah pendayagunaan Kekayaan Desa oleh pihak lain dalam jangka waktu tertentu dalam rangka peningkatan penerimaan Desa bukan pajak dan sumber pembiayaan lainnya.

20. Bangun guna serah adalah pemanfa.atan Kekayaan Desa berupa tanah oleh pihak lain dengan cara mendirikan bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya, kemudian didayagunakan oleh pihak lain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati untuk selanjutnya diserahkan kembali tanah beserta bangunan. dan/atau sarana berikut fasilitasnya setelah berakhirnya jangka waktu.

21.    Bangun serah guna adalah pemanfaatan Kekayaan Desa berupa tanah oleh pihak lain dengan cara mendirikan. bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya, dan setelah selesai pembangunannya diserahkan untuk didayagunakan oleh pihak lain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang disepakati.

22.    Hibah aelalah pengalihan kepemilikan barang dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Desa, antar Pemerintah Desa atau dari Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah kepada pihak lain tanpa memperoleh penggantian.

 

BAB II

JENIS KEKAYAAN DESA    

Pasal 2

(1)    Jenis kekayaan Desa terdiri atas:

a.    tanah Kas Desa;

  1. pasar Desa;

c.    pasar Hewan;

d.    tambatan Perahu;

e.    bangunan Desa;

f.    pelelangan Ikan yang dikelola oleh Desa dan;

g.    lain-lain kekayaan milik Desa.

(2)    lain-lain kekayaan milik Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) antara lain :

a.    barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBDesa/Daerah;

b.    barang yang berasal dari perolehan lainnya dan atau lembaga dari pihak ketiga.

c.    barang yang diperoleh dari hibah/sumbangan atau yang sejenis;

d.    barang yang diperoleh sebagai pelaksanaan dari perjanjian/kontrak dan lain-lain sesuai dengan peraluran perundangan yang berlaku.

e.    hak Desa dari Dana Perimbangan, Pajak Daerah dan Retribusi Daera/l;

f.    hibah dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota;

g.    hibah dari pihak ke 3 (tiga) yang sah dan tidak mengikat; dan

  1. hasil kerjasama desa.

Pasal 3

(1)    Kekayaan desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 menjadi milik desa.

(2)    kekayaan desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibuktikan dengan dokumen kepemilikan yang sah atas nama desa.

 

BAB III

PENGELOLAAN

 

Pasal 4

 

(1)    Pengelolaan kekayaan desa dilaksanakan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai.

(2)    Pengelolaan kekayaan desa harus berdayaguna dan berhasilguna untuk meningkatkan pendapatan desa.

(3) Pengelolaan kekayaan desa sebagaimana dimaksud pada lio/at (1) harus mendapatkan persetujuan BPD.

Pasal 5

 

Biaya pengelolaan Kekayaan Desa dibebankan pada Anggaran Pendupatan dan Belanja Desa.

Pasal 6

 

Kekayaan Desa dikelola oleh Pemerintah Desa dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat Desa. .

Pasal 7

 

Perencanaan kebutuhan kekayaan desa disusun dalam rencana kerja dan Anggaran Pendapatan dan BeJanja Desa setelah memperhatikan ketersediaan barang milik Desa yang ada.

 

Pasal 8

(1) Kekayaan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 diperoleh melalui:

a.    pembelian;

b.    sumbangan;

c.    bantuan dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah maupun pihak lain; dan

d.    bantuan dari pihak ketiga yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

(2) Kekayaan desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi milik Desa.

 

 

Pasal 9

Jenis Pemanfaatan Kekayaan Desa berupa :

 

a.    sewa;

b.    pinjam pakai;

c.    kerjasama pemanfaatan; dan

d.    bangun serah guna dan bangun guna serah.

 

Pasal 10

(1) Pemanfaatan Kekayaan Desa berupa sewa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 huruf a dilakukan atas dasar:

a.    menguntungkan Desa;

b.    jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun sesuai dengan jenis kekayaan desa dan dapat diperpanjang; dan

c.    penetapan tarif sewa ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa setelah mendapat persetujuan BPD.

(2) sewa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan surat perjanjian sewa menyewa, yang sekurang-kurangnya memuat:

a.    pihak-pihak yang terikat dalam perjanjian;

b.    obyek perjanijian sewa menyewa;

c.    jangka waktu;

d.    hak dan kewajiban para pihak;

e.    penyelesaian perselisihan;

f.    keadaan di luar kemampuan para pihak (force majeure); dan

g.    peninjauan pelaksanaan perjanjian.

 

Pasal 11

 

(1) Pemanfaatan Kekayaan Desa berupa pinjam pakai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 huruf b hanya dilakukan oleh Pemerintah Desa dengan Pemerintah Desa.

(2) Pinjam pakai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kecuali tanah dan bangunan.

(3) Pemanfaatan Kekayaan Desa berupa pinjam pakai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dilaksanakan oleh Kepala Desa setelah mendapat persetujuan BPD.

(4) Jangka waktu pinjam pakai paling lama 7 (tujuh) hari dan dapat diperpanjang.

(5) Pinjam pakai dilakukan dengan surat perjanjian pinjam pakai yang sekurang-kurangnya memuat:

a. pihak-pihak yang terikat dalam perjanjian;

b. obyek perjanijian pinjam pakai;

c. jangka waktu;

d. hak dan kewajiban para pihak;

e. penyelesaian perselisihan;

f.    keadaan di luar kemampuan para pihak (force majeure); dan

g. peninjauan pelaksanaan perjanjian.

 

 

    Pasal 12

 

(1)    Pemanfaatan Kekayaan Desa berupa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 Huruf c dilakukan atas dasar:

a.    mengoptimalkan daya guna dan hasil guna kekayaan Desa;

b.    meningkatkan pendapatan desa;

(2)    Kerjasama pemanfaatan Kekayaan Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terhadap tanah dan/atau bangunan ditetapkan dengan Keputusan Kepala Daerah.

 

(3)    Kerjasama Pemanfaatan Kekayaan Desa dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. tidak tersedia atau tidak cukup tersedia dana dalam APBDes untuk memenuhi biaya operasional /pemeliharaan/perbaikan Kekayaan Desa;
  2. penetapan mitra kerjasama pemanfaatan berdasarkan musyawarah mufakat antara Kepala Desa dan BPD;
  3. ditetapkan oleh Kepala Desa setelah mendapat persetujuan BPD;
  4. tidak dibolehkan menggadaikan/memindahtangankan kepada pihak lain; dan
  5. jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun sesuai dengan jenis kekayaan desa dan dapat diperpanjang;

(4)    Kerjasama pemanfaatan Kekayaan Desa dilakukan dengan surat perjanjian kerjasama sekurang-kurangnya memuat:

  1. Pihak-pihak yang terikat dalam perjanjian
  2. Obyek perjanjian pinjam pakai
  3. Jangka waktu
  4. Hak dan kewajiban para pihak
  5. Penyelesaian perselisihan
  6. Keadaan di luar kemampuan para pihak (force majeure); dan
  7. Peninjauan pelaksanaan perjanjian

Pasal 13

 

(1) Pemanfaatan Kekayaan Desa berupa bangun serah guna dan bangun guna serah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 huruf d dilakukan atas dasar:

a. Pemerintah Desa memerlukan bangunan dan fasilitas bagi penyelenggaraan pemerintahan desa untuk kepentingan pelayanan umum.

  1. tidak tersedia dana dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa untuk penyediaan bangunan dan fasilitas.

Pasal 14

 

(1)    Hasil pemanfaatan kekayaan Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10, Pasal 11, Pasal 12, dan Pasal 13 merupakan penerimaan/pendapatan Desa.

(2)    Penerimaan desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib seluruhnya disetorkan pada rekening Desa.

Pasal 15

 

(1)    Kekayaan Desa yang berupa tanah Desa tidak diperbolehkan dilakukan pelepasan hak kepemilikan kepada pihak lain, kecuali diperlukan untuk kepentingan umum.

(2)    Pelepasan hak kepemilikan tanah desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan setelah mendapat ganti rugi sesual harga yang menguntungkan desa dengan memperhatikan harga pasar dan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

(3)    Penggantian ganti rugi berupa uang harus digunakan untuk membeli tanah lain yang lebih baik dan berlokasi di Desa setempat.

(4)    Pelepasan hak kepemilikar. timah desa sebagaimjlrta dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa.

(5)    Keputusan Kepala Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diterbitkan setelah mendapat persetujuan BPD dan mendapat ijin tertulis dari Bupati/Walikota dan Gubernur.

 

Pasal 16

 

Tata cara pengelolaan kekayaan desa diatur dengan Peraturan Bupati/Walikota.

 

BAB IV

PELAPORAN

 

Pasal 17

 

(1)    Kepala Desa menyampaikan laporan hasil pengelolaan kekayaan desa kepada Bupati/Walikota melalui Camat setiap akhir tahun anggaran dan/atau sewaktu-waktu apabila diperlukan.

(2)    Laporan hasil pengelolaan kekayaan desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan bagian dari laporan pertanggungjawaban.

 

BAB V

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN

 

Pasal 18

 

(1)    Bupati/Walikota melakukan pembinaan dan pengawasan pengelolaan Kekayaan Desa.

(2)    Pembinaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan menetapkan kebijakan teknis pengelolaan dan melindungi Kekayaan Desa.

(3)    Bupati/Walikota melakukan pengawasan pengelolaan kekayaan desa melalui audit yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten/Kota.

 

BAB VI

KETENTUAN LAIN-LAIN

Pasal 19

(1)    Kekayaan Desa sebagai akibat dari penggabungan Desa, maka Kekayaan Desa dari Desa yang digabung diserahkan menjadi milik Desa baru;

(2)    Penyerahan Kekayaan Desa sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima yang ditanda tangani oleh masing-masing Kepala Desa dan BPD bersangkutan dan diketahui oleh Bupati/Walikota.

 

Pasal 20

 

(1)    Pembagian Kekayaan Desa sebagai akibat pemekaran Desa. Dilaksanakan berdasarkan musyawarah antar Desa;

(2)    Pembagian Kekayaan Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) difasilitasi oleh Camat;

(3)    Dalam hal hasil musyawarah yang difasilitasi oleh Camat tidak tercapai, pembagalan Kekayaan Desa ditetapkan dengan keputusan Bupati/Walikota;

(4)    Keputusan Bupati/walikota sebagaimana dimaksud pada ayat. (3) harus mempertimbangkan :

a. pemerataan dan Keadilan;

b. manfaat;

c. transparansi;

d. sosial budaya masyarakat setempat.

 

BAB VII

KETENTUAN PENUTUP

 

Pasal 21

 

Dengan berlakunya peraturan ini, semua ketentuan yang mengatur mengenai kekayaan desa dan kekentuan-ketentuan lain yang bertentangan dengan peraturan ini dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 22

 

Semua ketentuan yang mengatur mengenai kekayaan desa wajib menyesuaikan dengan berpedoman pada Peraturan ini paling lambat 6 (enam) bulan sejak ditetapkan.

 

Pasal 23

 

Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal 3 Januari 2007

 

MENTERI DALAM NEGERI

 

Ttd

 

H.MOH. MA’RUF,SE.

 

 

 

 

 

 

 

 


.

 

 

 

About these ads
3 Komentar
  1. Hamdan Rifa'i permalink

    Terimakasih atas informasi yang anda berikan, artikel ini sangat membantu sekali saya dalam pengelolaan Permendagri Desa.

  2. zainudin fanani permalink

    Di pemdes kami ada tanah hibah dari fihak ketiga akan tetapi tanah tersebut belum di sertifikat atas nama desa. yang kami tanyakan apakah bukti hibah tersebut dapat dijadikan dokumen yang sah untuk desa.kemudian pada suatau ketika sekitar tahun 2000 an tanah tersebut dipinjamkan kesalah satu instansi dibuktikan dengan surat keputusan kepala desa dengan jangka waktu yang tidak terbatas.padahal jelas jelas bertentangan dengan permen no 4 th 2007. bagaimana langkah agar tanaha tersebut dapat dikuasai desa kembali sementara apakah dengan demikian keputusan kepala desa terdahulu tidak berlaku surut. terima kasih.

  3. djati solechah permalink

    3. Pada bbp Desa / Daerah lahirnya Permendagri tersebut sangat menyulitkan,khususnya yg menyangkut Pasal 15 dimana Desa tidak diperbolehkan melaksanakan Pelepasan Hak atas tanahnya kecuali untuk ” Kepentingan Umum “, sementara batasan kepentingan umum-nya itu sendiri tidak dijelaskan lebih lanjut. Apabila kita merujuk batasan kepentingan umum tersebut pada Perpres No.65 Tahun 2006 sangatlah terbatas, sehingga kita tidak bisa mengakomodir jika tanah desa akan digunakan untuk lokasi pembangunan Kantor Pemerintah, Sekolah, pembangunan Perusahaan (yg dapat menampung tenaga kerja), dll.kepentingan yg kebetulan tidak tmsk dalam amanat Perpres tsb??!! Belum lagi bagi Desa yg mememiliki tanah kas desa berada di lingkungan perusahaan juga tdk dapat dibeli oleh Perusahaan tsb meski hasilnya sebenarnya bisa digunakan untuk mencari tanah lain dlm jumlah dan klas yg lebih baik lagi di dlm desa tsb. Tlg buat kajian untuk mencabut atau merevisi Permengari ini. Tks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: